Penggunaan Laser untuk Penyembuhan Luka Cepat dan Minim Rasa Sakit

Luka pada kulit tak bisa dihindari, kadang terjadi secara tidak sengaja. Ketika kulit mengalami luka baik luka bakar, trauma atau pembedahan, membutuhkan waktu untuk sembuh dan kembali seperti semula.

Dengan kemajuan teknologi, penyembuhan luka bisa lebih cepat dibantu dengan peralatan modern seperti pengobatan luka dengan laser. Sinar laser telah lama dimanfaatkan untuk pengobatan seperti kanker dan kerontokan rambut.

Jenis-jenis Sinar Laser di Dunia Medis


Penggunaan Laser untuk Penyembuhan Luka Cepat dan Minim Rasa Sakit

Penggunaan laser di bidang kesehatan kini bukan hal yang asing di masyarakat. Ada banyak tipe sinar laser yang biasa digunakan untuk pengobatan kulit, tergantung kondisi yang ditangani. Berikut beberapa contoh penggunaan laser:

Laser Karbon Dioksida


Penggunaan laser jenis ini menggunakan cara menargetkan sinar hingga ke permukaan kulit bagian dalam. Laser karbon dioksida umumnya digunakan untuk keperluan kecantikan serta mengatasi gangguan kulit seperti kanker kulit stadium awal.

Laser Nd:YAG (neodymium-doped yttrium aluminum garnet)


Jenis laser selanjutnya merupakan teknik laser yang mampu mencapai lapisan jaringan tubuh yang lebih dalam. Kelainan pada bagian tubuh yang sulit dijangkau seperti kanker tenggorokan.

Laser Argon


Untuk mengobati masalah kulit dan beberapa jenis tumor mata, Anda bisa menggunakan laser Argon. Penggunaan laser dalam penyembuhan luka menggunakan laser ini hanya dapat menembus jaringan dalam jarak pendek.
 

Laser Tingkat Rendah (low level laser therapy)


Teknik ini tergolong laser tingkat rendah dan kerap digunakan untuk mengatasi cedera ringan, luka terbuka atau peradangan mulut. Laser jenis ini kerap disebut laser dingin untuk mendorong peremajaan kulit.
 

Pemanfaatan Sinar Laser dalam Pengobatan


Teknologi laser untuk pemulihan luka akan lebih mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Selain untuk luka, sinar laser juga digunakan untuk beberapa metode pengobatan, diantaranya:

  • Prosedur pembedahan, seperti operasi payudara, pengangkatan tumor dan batu ginjal
  • Penggunaan laser untuk prosedur bedah kosmetik, seperti untuk menghilangkan bekas luka, tompel, tato atau kerutan
  • Pengobatan untuk memperbaiki penglihatan, misalnya perbaikan retina, prosedur LASIK, dan pengangkatan katarak
  • Untuk menghilangkan rambut atau bulu di bagian tubuh tertentu
  • Prosedur medis pengobatan gigi dan mulut, seperti bedah periodontik, perawatan saluran akar gigi, dan bedah mulut
  • Untuk mengobati nyeri punggung
  • Pengobatan kanker, seperti kanker serviks, kanker kulit, kanker vulva atau kanker paru-paru stadium awal

Dengan banyaknya prosedur pengobatan yang menggunakan laser, terlihat bahwa memang pemanfaatan laser dinilai efektif. Sudah banyak komentar positif dari pengalaman pasien dengan laser terapi luka.

Penggunaan laser untuk luka umumnya untuk mengurangi munculnya bekas luka, meminimalkan rasa sakit dan gatal. Meskipun laser tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya, tapi akan sangat membantu agar kurang terlihat dan lebih cepat pulih.

Sebaiknya Anda memilih jenis laser yang tepat sesuai dengan pengobatan yang akan dilakukan. Cari informasi terlebih dahulu seputar laser dari sumber yang valid.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih