Peran Genetika dalam Penyebab Gula Darah Tinggi

Gula darah menjadi tinggi dapat terjadi apabila terlalu banyak gula dalam darah. Hal ini bisa saja terjadi apabila tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar.

Sesuai informasi yang ada di pafisampit.org, apabila seseorang memiliki gula darah tinggi artinya dia mengidap diabetes. Banyaknya gula darah dalam darah atau hiperglikemia dapat diobati. Namun, jika dibiarkan terus menerus akan merusak saraf, organ hingga pembuluh darah.

Bagaimana Peran Genetika dalam Penyebab Gula Darah Tinggi? Ini Dia Jawabannya


Peran Genetika dalam Penyebab Gula Darah Tinggi



Dalam teori seseorang yang menderita diabetes sering terjadi karena faktor keturunan atau genetik. Akan tetapi ini tidak semuanya. Ada pula beberapa hal yang dapat menyebabkan gula darah menjadi tinggi. Apa saja penyebab gula darah tinggi? cek di bawah ini;

1. Resistensi Insulin


Insulin resistance menjadi penyebab paling banyak terjadinya gula darah tinggi. Hal ini bisa terjadi apabila sel-sel di otot lemak dan hati tidak merespon sebagaimana mestinya terhadap insulin.

Jika terjadi yang demikian, otomatis tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk mengatur gula darah. Tidak berhasilnya tubuh memproduksi insulin ini pada akhirnya yang akan menyebabkan hiperglikemia.

Adapun penyebab terjadinya resistensi insulin adalah karena pola makan yang tidak sehat, Efek samping obat tertentu, kegemukan,tubuh tidak banyak bergerak serta adanya kondisi hormonal.

2. Terjadi Masalah pada Pankreas


Penyebab terjadinya gula darah yang tinggi selanjutnya adalah terjadi masalah di pankreas yang akhirnya menyebabkan kurangnya produksi insulin dan terjadi hiperglikemia.

Kondisi pankreas yang dapat menyebabkan gula darah tinggi adalah adanya kanker pankreas, fibrosis kistik, pankreatitis kronis dan penyakit imun.

3. Penyebab Sementara Hiperglikemia


Kadar gula darah bisa pula naik sementara karena situasi tertentu. Kondisi seperti inilah yang bisa menjadi pemicu gula darah tinggi pada orang dengan dan tanpa diabetes.

Situasi seperti stres karena penyakit, cedera atau terjadi pembedahan dapat meningkatkan gula darah untuk sementara. Trauma atau terjadi stres karena pekerjaan bisa pula meningkatkan kadar gula darah karena tubuh akan melepaskan epinefrin.

4. Konsumsi Obat Pengendali Diabetes Tertentu


Efek samping obat diabetes dapat pula menjadi penyebab tingginya gula darah. Apalagi jika obat yang Anda konsumsi tidak menggunakan resep dari dokter.

Salah satu contoh obat yang dapat menyebabkan gula darah darah melonjak drastis adalah steroid, pil kb, antipsikotik, antidepresan dan beberapa terapi hormon.

5. Konsumsi Pemanis Buatan


Tanda awal diabetes memang tidak selalu dengan naiknya gula darah. Namun, pemicu yang paling banyak hingga terjadinya kenaikan gula darah adalah karena terlalu sering mengonsumsi pemanis buatan.

Apabila Anda memiliki hobi minuman bersoda atau minuman dengan kadar gula tinggi sebaiknya mulai ditinggalkan dari sekarang. Faktanya karena pemanis buatan ini banyak anak kecil sekarang yang mengidap diabetes.

Hal tersebut karena mereka tidak sadar bahwa minuman dengan pemanis buatan ini berbahaya bagi tubuh dan akhirnya mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Penyebab gula darah naik berdasarkan pafisampit.org dapat Anda hindari apabila selalu menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Meskipun ada faktor genetik, hiperglikemia ini dapat Anda tekan semaksimal mungkin.

Terbukti olahraga menurunkan gula darah secara perlahan dan menghindarkan Anda dari diabetes akut yang berbahaya bagi hidup Anda.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih