Solusi Cepat untuk Mengobati Telinga Berair dan Bau

Pafikabluwutimur.org bisa dijadikan salah satu rujukan saat Anda mencari informasi akurat seputar kesehatan dan obat-obatan, termasuk tentang telinga berair dan bau. Sejatinya, telinga berair dan bau bisa diakibatkan oleh banyak hal.

Salah satunya adalah karena telinga jarang dibersihkan atau bisa juga karena infeksi. Terlepas dari apa penyebabnya, saat Anda mengalaminya pastikan untuk tidak memasukkan cotton bud ataupun benda lain ke dalam telinga.

Sebab, tindakan ini bisa memicu infeksi saluran telinga yang lebih serius. Alih-alih mengeringkan telinga berair dengan cotton bud, sebaiknya Anda coba lakukan beberapa upaya untuk mengatasi telinga berair secara alami berikut ini.

Cara Mengobati Sakit Telinga Di Rumah Secara Alami


Cara Mengobati Sakit Telinga Di Rumah Secara Alami

1. Dengan Menghindari Kelembaban yang Berlebihan


Untuk mengatasi telinga berair serta bau, Anda harus menghindari kelembaban yang berlebihan. Adapun kelembaban berlebihan ialah kondisi yang bisa terjadi pada saat mandi atau berkeringat namun tidak segera dibersihkan.

Jadi, ketika selesai mandi atau berkeringat, usahakan agar airnya tidak sampai masuk ke dalam telinga. Sebaliknya, segera bersihkan air tersebut supaya telinga tidak lembab secara berlebihan.

2. Menggunakan Tea Tree Oil


Tea Tree Oil dikenal sebagai bahan alami yang bersifat stimulan, ekspektoran, balsamic, insektisida, fungisida, antimikroba, antivirus, antiseptik dan antibakteri.

Dengan berbagai sifat tersebut, tea tree oil menjadi salah satu bahan alami yang bisa diandalkan untuk mengatasi dan menghilangkan infeksi telinga.

3. Menggunakan Minyak Zaitun


Selain tea tree oil, minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai obat tetes telinga alami. Untuk menggunakan minyak ini, Anda bisa memanaskannya terlebih dahulu.

Setelah itu, tunggu sampai suhunya berubah menjadi tidak panas baru kemudian teteskan ke dalam telinga. Jika sudah, tunggu lagi selama beberapa saat kemudian posisikan telinga yang baru ditetesi minyak zaitun tadi menghadap bantal.

Tujuannya supaya tetesan minyak zaitun mengalir ke luar. Selain bisa menggunakan minyak zaitun saja, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan tea tree oil.

Penggunaannya mirip dengan minyak zaitun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Yaitu, dengan dijadikan sebagai obat tetes dan setelah kombinasi minyak ini terasa menyerap dengan baik, miringkan kepala agar tetesan minyak keluar.

4. Dengan Kompres Hangat


Telinga yang sedang mengalami infeksi biasanya akan membengkak dan meradang. Nah, kompres hangat bisa membantu mengatasi gejala tersebut sehingga kondisi telinga bisa lebih baik.

Untuk melakukan kompres hangat untuk telinga, Anda bisa merendam handuk dalam air hangat terlebih dahulu. Setelah basah, peras handuk tersebut kemudian letakkan di atas telinga yang sedang bermasalah.

Sebelum melakukannya, pastikan dulu suhunya tidak terlalu panas ya. Tujuannya supaya kulit tidak terbakar. Lalu, pastikan juga tidak ada air yang masuk ke dalam telinga.

5. Perhatikan Posisi Tidur


Cara terakhir untuk mengatasi telinga yang berair dan berbau adalah dengan memperhatikan posisi tidur. Disarankan agar Anda tidak tidur dalam posisi menekan telinga yang tengah sakit.

Bantal juga sebaiknya diusahakan lebih tinggi supaya cairan yang keluar dari telinga tidak masuk lagi ke dalam.

Telinga berair dan bau merupakan kondisi yang tidak boleh dibiarkan. Selain bisa membuat diri sendiri menjadi tidak nyaman, juga berpotensi mengganggu orang lain yang ada di sekitar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan berbagai cara di atas. Atau bisa juga dengan memanfaatkan obat tetes telinga. Untuk mendapatkan obat tetes telinga yang tepat, Anda harus berkonsultasi dengan pihak profesional terlebih dahulu.

Sebut saja salah satunya pafikabluwutimur.org. Ini adalah website resmi PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang berkedudukan di Luwu Timur. Selain membuka konsultasi, Anda juga bisa menemukan banyak informasi bermanfaat di dalamnya.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Teknologi Gue Nih