325 Miliar Jam Pengguna Android Habiskan Waktu Menjajal Aplikasi

Pengguna Android Habiskan Waktu – Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone adalah sistem operasi android. Tak hanya sistem operasinya saja yang memiliki beragam fitur sehingga memudahkan para penggunanya, beragam aplikasi android pun turut membesarkan sistem operasi besutan google tersebut.

Menurut penelitian dari firma penelitian App Annie, sekitar 325 miliar jam pengguna android, menjajal aplikasi yang ada di smartphone pada kuartal ketiga tahun 2017.

Pengguna Android
325 Miliar Jam Pengguna Android Habiskan Waktu Menjajal Aplikasi

Total keseluruhan penggunaan aplikasi tersebut naik sekitar 40 persen setiap tahunnya. Hal ini menandakan bahwa sistemoperasi android menjadi salah satu sistem operasi yang mendominasi serta banyak digunakan.

Tidak hanya memiliki waktu yang banyak dalam penggunaannya, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa sekitar 17 miliar aplikasi terunduh selama tiga bulan terakhir. Angka tersebur meningkat sekitar 125 persen dari tahun ke tahun.

Lihat juga : Terbongkar! Inilah Cara Mudah Kuota Internet Tetap Hemat

Selain itu, sebanyak 17 miliar aplikasi Android terunduh juga mengalahkan 16 miliar aplikasi iOS terunduh. India adalah salah satu negara yang berkontribusi paling besar atas kemenangan Android melawan iOS.

Pengguna iOS lebih boros

Kendati begitu, Android tak memenangkan semua ranah. Pengguna iOS terbukti lebih boros untuk menggelontorkan duit demi in-app purchase ketimbang pengguna Android.

Secara total, pengguna iOS menghabiskan 11 miliar dollar AS atau setara Rp 148,6 triliun untuk pembelian produk dalam aplikasi. Sementara pengguna Android hanya menghabiskan sekitar 5 miliar dollar AS atau setara Rp 67 triliun.

Jumlah duit yang dihabiskan netizen untuk in-app purchase di aplikasi Android dan iOS terpaut 95 persen pada kuartal ketiga 2017. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, ketimpangannya cuma 90 persen.

Secara keseluruhan, App Annie memprediksi kombinasi aplikasi Android dan iOS yang terunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store bakal mencapai 240 miliar pada 2021 mendatang, seperit yang dikutip dari laman AndroidHeadlines.

Adapun duit yang dihabiskan untuk in-app purchase digadang-gadang mencapai 100 miliar dollar AS atau setara Rp 1.351 triliun. Tentunya ini bisa tercapai seiring dengan kemajuan infrastruktur internet, inovasi aplikasi digital, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *