Tips Jitu Tingkatkan Performa Smartphone Android

Tips Jitu Tingkatkan Performa Smartphone Android – Ponsel pintar atau smartphone kini menjelma menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini. Jika kita tidak memiliki smartphone rasanya ada kurang, bakan kita rela putar balik kendaraan jika smartphone maupun ponsel tertinggal.

Tips Jitu Tingkatkan Performa Smartphone Android
Tips Jitu Tingkatkan Performa Smartphone Android

Hal diatas menandakan pentingnya smartphone dikehidupan kita. Berbicara mengenai smartphone tetntunya identik dengan aplikasi yang diinstal. Dengan adanya aplikasi pada smartphone kita dapat menikmati berbagai informasi maupun hiburan bahkan membantu aktifitas kita sehari-hari.

Saking banyaknya aplikasi kita rela menginstalnya di smartphone tanpa memperhatikan kapasitas memori yang ada sehingga membuat kinerja dari ponsel lambat.Nah, berikut ini merupakan Tips Jitu Tingkatkan Performa Smartphone Android yang akan membuat smartphone kamu tidak lambat lagi.

1. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Pabrik

Aplikasi bawaan pabrik atau bloatware memang tidak bisa di hapus terkecuali ponsel maupun smartphone sudah di root. Jika smartphone anda tidak di root cobalah untuk menonaktifkan fungsi dari Bloatware tersebut dengan cara masuk ke menu pengaturan dan pilihlah aplikasi yang ingin kita nonaktifkan. Dengan demikian penggunaan RAM dibalik layar tidak akan besar sehingga performa dari ponsel tidak lambat.

Lihat juga : Tips Mudah Mengatasi Ponsel yang Masuk ke Air

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa salah satu penyebab kinerja ponsel yang lambat adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstal. Hal ini menyebabkan memori internal dan RAM penuh tanpa kita sadari. Jangan instal aplikasi yang tidak terlalu penting, jika kita terlanjur telah menginstalnya hapus atau uninstal aplikasi tersebut dari smartphone.

3. Matikan Koneksi Data saat Tidak Digunakan

Jika anda tidak sedang menggunakan aplikasi offline atau jika sedang tidak chattingan cobalah untuk menonaktifkan koneksi internet. Barulah jika benar-benar diperlukan bisa menghidupkannya kembali.

4. Gunakan Widget seperlunya

Gunakanlah widget seperlunya dan jangan menginstal widget yang tidak teralu penting atau tidak digunakan. Dengan menggunakan widget seperlunya maka aplikasi yang berjalan di belakang layar akan berkurang sehingga memperluas kapasitas RAM untuk memberikan performa maksimal.

5. Jangan Gunakan Animasi

Penggunaan animasi pada ponsel memang memanjakan mata, namun cukup mengkonsumsi RAM. Animasi dapat di nonaktifkan melalui pengaturan layar.

6. Jangan Aktifkan Fitur Auto-sync

Matikan fitur Auto-sync atau sinkronisasi otomatis pada beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Dengan hal tersebut akan menghemat penggunaan RAM dan akan menghemat penggunaan baterai.

Untuk menonaktifkan fitur Auto-sync anda bisa masuk ke menu pengaturan dan carilah fitur Auto-sync (biasanya terletak pada opsi akun). Ada juga beberapa aplikasi yang memiliki pengaturan khusus pada aplikasi sehingga kita harus mencari fitur tersebut di dalam aplikasi.

7. Instal Aplikasi Third-Party Booster

Banyak mitos mengatakan penggunaan aplikasi third-party booster malah memperlambat kinerja ponsel, namun tidak semuanya seperti itu. Google Play Store memberikan beberapa pilihan aplikasi booster seperti Clean Master yang memiliki bermacam fitur untuk membantu mengoptimalisasi kinerja ponsel Anda. Selain itu terdapat beragam aplikasi dengan berbagai fitur speed-up berbeda seperti DU Speed Booster, CCleaner dan lainnya. Bahkan, beberapa ponsel sudah membawa serta aplikasi tersebut dari pabrikannya.

8. Reset Pengaturan Pabrik

Cara ini merupakan “senjata pamungkas” bagi ponsel yang mengalami lag yang dapat membuat geram penggunanya. Melalui reset pabrik, kondisi ponsel Anda akan kembali ke pengaturan awal bawaan pabrik. Hanya saja, hal ini bukan berarti membuat kondisi ponsel benar-benar kembali membaik seperti saat awal membeli ponsel, hanya menjadi “cukup baik” untuk digunakan.

Demikianlah Tips Jitu Tingkatkan Performa Smartphone Android semoga dengan adanya tulisan ini bisa membantu smartphone kamu tidak lemot lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *