Tips Melindungi Anak-Anak Dari Internet

Tips Melindungi Anak-Anak Dari Internet – Dengan berkembangnya teknologi, berbagai kehidupan kita sehari-hari pun berubah tak terkecuali cara anak-anak bermain. Pada zaman dulu sebelum kita mengenal gadget, anak-anak bermain dengan teman sebayanya, seperti main petak umpet, main kelereng dan masih banyak lagi. Tetapi kini seiring dengan berjalannya waktu hal tersebut sepertinya jarang sekali ditemukan.

Tips Melindungi Anak-Anak Dari Internet
Tips Melindungi Anak-Anak Dari Internet

Anaka-anak kini lebih asyik bermain dengan gadgetnya, seperti bermai game online dan nonton youtube. Terkadang orang tua harus lebih hati-hati dalam mengawasi perkembangan anaknya, terlebih dengan adanya akses internet seseorang (baik anak-anak maupun dewasa) lebih bebas mengakses informasi, baik itu informasi yang positif bahkan negatif.

Nah, dangan adanya hal tersebut penulis akan membagikan tips bagaimana melindungi anak-anak dari internet yang tentunya bisa berdampak negatif jika kita tidak bisa menanggulanginya.

1. Mendidik Anak

Beritahu anak bahwa di dunia online, ada aktivitas yang mencurigakan. Ajarkan mereka untuk meminta bantuan ketika mereka menemukan konten yang terlihat mencurigakan.

2. Terbuka

Anak yang menjadi korban dari cyberbullying mungkin enggan untuk membahas masalahnya. Karena itu, orangtua memiliki tanggung jawab untuk membuka diskusi terbuka. Anda bisa membicarakan tentang berbagai masalah yang mungkin terjadi di dunia internet dengan anak, termasuk cyberbullying.
Pastikan anak Anda tahu bahwa dia bisa meminta bantuan Anda jika terjadi sesuatu yang tak senonoh atau sesuatu membuatnya dia marah atau sedih.

Lihat juga : 3 Aplikasi Untuk Liburan Lebih Mudah dan Menyenangkan

3. Periksalah Setiap Aplikasi pada Smartphone atau ponsel

Sebelum membiarkan anak mengunduh aplikasi mobile, Anda bisa mencari tahu tentang aplikasi itu terlebih dulu. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah membaca komentar pengguna.
Selain itu, Anda juga sebaiknya waspada akan aplikasi yang menawarkan pembelian dalam aplikasi atau in-app purchase. Jika Anda menghubungkan akun anak dengan kartu kredit atau kartu debit Anda, anak bisa membeli item tanpa sadar banyaknya uang yang dia habiskan.

4. Waspadai memberikan informasi pada orang yang tidak dikenal

Beritahukan pada anak bahwa mereka tidak boleh memberikan informasi pribadi pada orang yang tidak pernah mereka temui di dunia nyata. Jika anak telah memiliki media sosial, sebaiknya Anda memeriksa pengaturan privasi pada anak untuk memastikan tidak ada informasi pribadi anak yang tersebar ke umum.

5. Gunakan kata sandi atau password yang unik

Biasakan anak untuk menggunakan password yang kuat. Password yang kuat biasanya memiliki setidaknya delapan karakter dengan kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Selain itu, ajarkan anak untuk menggunakan password yang berbeda pada setiap akun atau layanan yang dia gunakan.

6. Hati-hati terhadap phishing

Phishing adalah metode yang digunakan hacker untuk menipu korban dengan file atau situs yang terlihat seperti asli. Biasanya, “umpan” disebar melalui email spam yang berisi tautan ke situs berbahaya atau dilengkapi dengan lampiran berisi malware.

Ajarkan anak Anda untuk tidak sembarangan mengklik tautan pada email atau pesan di media sosial yang terlihat mencurigakan. Tentu saja, sebelum mengajarkan anak tentang phishing, Anda harus mengerti ciri-ciri email phishing terlebih dulu.

Demikianlah Tips Melindungi Anak-Anak Dari Internet, alangkah baiknya kita sebagai orang tua harus tetap berhati-hati dan tidak boleh berlebihan dalam memberikan akses gadget kepada anak, karena jika berlebihan nantinya akan ketergantungan. So, bijaklah dalam memberikan gadget kepada anak-anak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *