Tips Supaya Power Bank Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Supaya Power Bank Tetap Awet dan Tahan Lama – Berbicara mengenai smartphone tentunya tidak lepas dari daya maupun baterai dari smartphone tersebut. Yups, tanpa adanya daya smartphone tidak akan hidup dan tidak bisa digunakan.

Tips Supaya Power Bank Tetap Awet dan Tahan Lama
Tips Supaya Power Bank Tetap Awet dan Tahan Lama

Jika kita sedang jalan-jalan maupun pergi ke suatu tempat rasanya kurang pas jika tidak membawa power bank yang berfungsi untuk cadangan daya jika baterai smartphone maupun ponsel kita habis.

Dengan adanya power bank, daya dari smartphone dapat diisi tanpa terhubung ke aliran listrik secara langsung dan kita bisa melakukan pengisian daya dengan mehubungkan smartphone kita ke power bank menggunakan kabel data atau USB.

Power bank kini menjelma menjadi barang yang wajib ada mendampingi smartphone, barang portable ini memang menjadi barang yang berguna terlebih jika kita sedang berada di jalan dan kehabisan daya baterai smartphone.
Nah, untuk menjaga power bank tetap awet dan tidak rentan rusak berikut ini kami sajikan Tips Agar Power bank tetap awet dan tahan lama yang dilansir dari viva.com melaui medium dan Steemit.

1. Jangan pakai ponsel saat dicas

Di saat ponsel sedang dihubungkan dengan power bank, sebaiknya jangan sambil digunakan, seperti untuk bermain game atau hanya sekadar mengintip media sosial. Hal tersebut akan membuat power bank bekerja secara dobel, lalu suhunya akan naik, sehingga baterainya akan cepat rusak. Jika hal ini tidak bisa dihindari bukan hanya power bank saja yang rusak, ponsel Anda juga terancam rusak.

Lihat juga : Tips Melindungi Anak-Anak Dari Internet

2. Jangan over charging

Kebiasaan buruk masyarakat adalah ngecas ponsel lalu ditinggal tidur. Akibatnya power bank dan elektronik lainnya akan mudah rusak. Solusinya Anda harus tetap memperhatikan LED yang ada pada bodi power bank.

3. Jangan tunda cas saat baterai sudah low

Dengan alasan tidak boleh sering dicas, maka power bank lebih baik dicas saat keadaannya sudah baterai low. Misalnya jika LED di bodi power bank ada 4 bar, dan tinggal 1 lampu bar saja yang masih menyala, maka segera isi ulang. Power bank umumnya ditanam baterai jenis Li-Ion (Lithium-Ion) dan Li-Po (Lithium-Polimer), yang mana mereka juga mempunyai batas isi ulang.
Jika sudah melebihi batas, maka power bank akan menjadi lelet saat mengecas ponsel.

4. Letakkan pada suhu normal

Seringkali kita ceroboh, tidak memperhatikan hal kecil dalam perawatan. Saat power bank sedang mengisi daya ponsel jangan menaruh kedua benda tersebut ke dalam tas atau tempat tertutup lainnya. Karena power bank akan mengeluarkan suhu panas saat digunakan. Jika diletakkan pada tempat tertutup maka tidak ada sirkulasi udara yang masuk.

5. Jangan jatuh dan kena air

Menghindari power bank terjatuh memang agak sulit, namun ada baiknya kita mulai teliti, dimulai dari perawatan yang mudah. Jika power bank sering jatuh, dikhawatirkan komponen yang ada di dalamnya tidak akan lagi saling merekat erat.

Kondisi power bank untuk tetap kering juga sangat dibutuhkan. Karena jika kondisinya basah sampai lembab, khawatir air akan masuk ke dalam komponen power bank sehingga menyebabkan karat.
Demikianlah Tips Agar Power Bank Tetap Awet dan Tahan Lama, semoga dengan 5 hal diatas power bank kamu tahan lama dan tidak rentan rusak karena kesalahan pada saat menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *