Tips Untuk Mengatasi Ponsel Agar tidak Cepat panas

Tips Untuk Mengatasi Ponsel Agar tidak Cepat panas – Panas berlebih pada ponsel memang mengganggu bagi sebagian pengguna, yups hal ini menyebabkan kekhawatiran ponsel mengalami masalah atau mengalami gangguan.

Tips Untuk Mengatasi Ponsel Agar tidak Cepat panas
Tips Untuk Mengatasi Ponsel Agar tidak Cepat panas

Penyebab overheat atau panas berlebih pada ponsel bisa disebabkan karena kita menggunakan aplikasi yang berat seperti game online atau bisa juga diakibatkan karena menggunakan aplikasi yang terus menerus digunakan bahkan sambil di charger.

Berbagai teknologi diterapkan pada ponsel guna mengantisipasi hal tersebut, mulai dari memberikan teknologi pendingin hingga berbagai komponen yang mengurangi panas, namun jika kita berlebihan menggunakan ponsel teknologi tersebut sepertinya tidak akan berpengaruh. Seperti halnya pepatah mengatakan “jangan berlebihan terhadap sesuatu”.

Jika panas berlebih atau overheat dibiarkan bisa jadi akan merusak komponen yang ada pada ponsel sehingga menyebabkan cepat rusak, nah bagaimana untuk menangulangi hal tersebut? Berikut ini adalah Tips Untuk Mengatasi Ponsel Agar tidak Cepat panas yang bisa disimak pembahasannya dibawah ini.

1. Lepas Cover Pelindung

Hal yang pertama adalah jangan gunakan Cover pelindung yang terlalu tebal, memang ada manfaatnya menggunakannya tetapi jika terlalu tebal dapat menutup udara sehingga panas pada ponsel akan cepat terjadi. Memang penggunaan cover sangatlah bagus yaitu untuk melindungi ponsel dari goresan yang tidak diduga namun jangan gunakan cover yang terlalu tebal atau lebih bagus lagi melepasnya.

2. Menggunakan Baterai Original

Salah satu penyebab ponsel cepat panas adalah jangan menggunakan baterai KW walaupun sedikit lebih terjangkau harganya tetapi untuk urusan kualitas sangatlah buruk karena beum teruji ketahanannya. Alangkah baiknya kita menggunakan baterai yang original ketika baterai yang ada sudah rusak. Karena penggunaan baterai yang tidak sesuai mengakibatkan ponsel cepat panas.

Lihat juga : 5 Penyedia Aplikasi Online untuk Laptop atau Komputer

3. Charge Ponsel Secukupnya

Jika pada saat mengisi daya smartphone maupun ponsel sudah penuh harap lepaskan charger dari aliran listrik, karena jika terus menerus diisi hal ini tidak baik untuk ponsel dan akan menyebabkan overheat.

4. Instal Aplikasi Seperlunya

Penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat ponsel cepat panas. Walaupun saat ini banyak ponsel didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, seperti RAM yang tinggi, tetap saja pembiaran ini akan berakibat fatal pada ponsel. Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi ponsel overheat akan sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak menyebabkan ponsel sering hang.

Meskipun beberapa charger dapat memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100 persen, namun membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen terus terisi juga tidak baik. Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali justru lebih baik, daripada baterai dibiarkan hingga kondisi nol persen lalu diisi daya.

Selain itu jangan terlalu sering menggunakan ponsel yang sedang di charge. Hal ini dapat memicu overheat lebih cepat karena pemrosesan aplikasi dan hardware ditambah temperatur yang dihasilkan ketika mengisi daya baterai.

5. Biarkan Lubang Charger terbuka

Beberapa ponsel sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Sebaiknya port charger pada ponsel tidak dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan agar ponsel tidak mengalami panas yang berlebih atau overheating karena kurangnya udara masuk ke dalam ponsel.

6. Simpan Ponsel di tempat yang memiliki ventilasi udara baik

Simpanlah ponsel di tempat-tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik atau berada di suhu ruangan ber-AC. Hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas ponsel itu sendiri. Usahakan juga jangan menyimpan ponsel di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatkan panas, bahkan terkena resiko rusak karena tertindih badan saat tidur.

7. Jangan Terlalu Sering Menonton YouTube

Menonton YouTube saat menghadapi kemacetan arus mudik memang menyenangkan. Namun perlu diketahui, terlalu lama streaming YouTube dapat mempercepat naiknya temperatur ponsel. Hal ini disebabkan karena proses streaming video membutuhkan data yang besar serta penggunaan RAM yang tinggi.

8. Matikan Ponsel

Ini merupakan senjata pamungkas bagi ponsel yang mengalami overheat. Mematikan ponsel jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat ponsel menyala. Hal tersebut akan dengan cepat menurunkan temperatur ponsel. Terlebih, mematikan ponsel dapat ‘mengembalikan’ kecepatan proses aplikasi seperti semula.

Demikianlah Tips Untuk Mengatasi Ponsel Agar tidak Cepat panas semoga dengan adanya hal ini kita sebagai pengguna lebih berhati-hati dan dapat mencegah terjadinya overheat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *